BI Berambisi Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia 2024

art_199738

Surabaya (CNN Indonesia) – Bank Indonesia (BI) menargetkan Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di dunia pada 2024. Sayangnya, hingga kini pengembangan ekonomi berbasis syariah masih tertinggal dibandingkan negara berpenduduknya muslim terbesar lain, seperti Arab Saudi dan Malaysia.

“Kami menargetkan Indonesia sekitar 2024 bisa jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah, karenanya saat ini di daerah-daerah makin dikembangkan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di sela gelaran Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 di Surabaya, Rabu (8/11).

Bank sentral terus mendorong pengembangan ekonomi berbasis syariah, tidak hanya di sektor keuangan, tetapi juga di sektor riil. Jika industri berbasis syariah maju, maka permintaan kebutuhan pembiayaan syariah dengan sendirinya akan meningkat. Hal ini akan memicu berkembangnya pasar keuangan syariah.

Namun demikian, Indonesia masih belum menjadi pemain unggulan di industri produk dan jasa halal di tingkat global baik untuk makanan, pakaian, dan pariwisata. Daya saing Indonesia hanya mampu menembus peringkat 10 besar untuk sektor keuangan syariah, obat-obatan dan kosmetik halal.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading the player...